Jumat, 08 April 2011

SILATURAHMI DAN BERBUAT BAIK KEPADA ORANG TUA

SILATURAHMI DAN BERBUAT BAIK PADA ORANG TUA

Berbuat baik kepada orang tua dan silaturahmi selalu mendapatkan penekanan dalam al Quran.

Allah Swt berfirman, Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan Nya dengan sesuatu apapun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, karib kerabat, anak anak yatim, orang orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki. (QS. Al-Nisa (4) : 36)

Allah Swt berfirman dalam surat Al-Nisa (4) : 1, bertaqwalah kepada Allah yang dengan namanya kamu saling meminta dan peliharalah hubungan kekeluargaan.

Dalam surat Al-Ankabut [29] ayat 8. Allah Swt berfirman : Dan Kami wajibkan kepada manusia agar berbuat kebaikan kepada orang tuanya.

Dalam surat Al. isra [17]:23-24: “ Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada kepada kedua ibu bapak. Jika salah seorang diantara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “Ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkan kepada keduanya perkataan yang baik. Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, “Wahai Tuhanku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu aku kecil.

Dalam surat Luqman[31]: 14. Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orangtuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah tambah, dan menyapihnya dalam usia 2 (dua) tahun. Bersyukurlah kepada Ku dan orangtuamu.

Dengan menyimak ayat – ayat diatas, merupakan kewajiban bagi setiap manusia muslim untuk berbuat baik kepada orang tua dan silaturahmi pada sesama. Dengan selalu berbuat baik dan sikap positif kepada orang tua, Allah akan memberikan keberkahan dan kemudahan kepada kita, amien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar