Minggu, 01 Agustus 2010

AL-QAYYUM (YANG BERDIRI SENDIRI / YANG MEMENUHI KEBUTUHAN MAHKLUK)


Kata al-Qayyum dari akar kata yang terdiri dari tiga huruf, yaitu Qaf, Wauw, dan Mim. Maknanya yang pertama, sekelompok manusia, dari sini lahir kata Qaum / Kaum. Kedua, bermakna tegak lurus, dari sini lahir makna berdiri. Dan ketiga adalah tekad, dan dari sini muncul bersinambungan dan terus menerus, karena tanpa tekad kesinambungan tidak akan terlaksana.

Yang meneladani sifat Allah ini, dituntut untuk tidak menoleh kepada selain Allah dalam memenuhi kebutuhannya. Menggunakan yang dihamparkan Allah di alam raya ini untuk menegakkan hidupnya, tanpa mengandalkan kecuali dirinya sendiri. Selanjutnya dia dituntut agar memberikan perhatian penuh kepada mahkluk-makhluk Allah, dan sedapat mungkin memenuhi kebutuhan mereka, material dan spiritual.

Wahai Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri sendiri memenuhi kebutuhan seluruh makhluk-Nya. Dengan rahmat-Mu aku memohon bantuan, dari siksa-Mu aku memohon perlindungan, luruskan dan perbaikilah semua keadaanku, jangan Engkau biarkan aku sendiri dengan diriku walau sekejap mata. Ya Allah, campakkanlah kedalam hatiku harapan kepada-Mu, dan putuskan harapanku mengandalkan selain-Mu, agar aku tidak mengharap kecuali kepada-Mu. Ya Allah, Engkaulah Yang Maha Mengetahui rahasia-rahasia kami, maka peliharalah. Engkaulah Yang Maha Mengetahui aib keburukan kami, maka tutupilah. Engkaulah Yang Maha Mengetahui kebutuhan-kebutuhan kami maka penuhilah.

Disarikan dari buku Menyingkap tabir Ilahi dari M. Quraish Shihab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar