Minggu, 11 Juli 2010

Ketika hukum timbal balik sedekah bekerja

Dunia dengan segala isinya diciptakan Tuhan sangat sempurna. Hukum sebab akibat, ilmu Fisika, ilmu kimia, Ilmu Biologi dan ilmu yang terus muncul dengan semakin tuanya bumi ini menunjukkan betapa kuasanya Tuhan untuk orang-orang yang mau mengerti.

Terkadang karena kita telah terbiasa menikmati dunia dan karunia Nya, segala keajaiban dan kenikmatan yang ada disekitar kita tidak kita rasakan. Berdetaknya jantung, tumbuhnya pohon, berputarnya bumi pada porosnya dan mengelilingi matahari merupakan fenomena keajaiban yang sulit dijelaskan untuk orang yang mau mengerti.

What you give is what you get, apa yang anda berikan itu pula yang anda dapatkan. Itulah yang disebut hukum timbal balik (Law of Reciprocity). Berdasarkan pengalaman hukum ini akan bekerja sempurna dengan berbagai variasi yang belum tentu dapat kita pahami pada mulanya.

Sejauh ini beberapa orang yang dianggap kaya ( sukses di dunia ) di Indonesia maupun di Asia mengaku salah satu rahasia kekayaan adalah sedekah atau memberi. Dan belum pernah ketemu orang miskin yang mengaku miskin gara gara rajin sedekah.

Fakta fakta :

- Bill gates dan Warren Buffet - dua orang terkaya di muka bumi, tampak begitu kapitalis, ternyata mereka dermawan terbesar abad ini
- Donald Trump, Pada saat bangkrut tahun 1990-an, ia malah membagi bagikan harta yang masih tersisa. Karena ia percaya betul " memberi " itu berbanding lurus dengan "diberi".
- Robert T. Kiyosaki, dengan prinsip " Jika anda membangun bisnis yang melayani ribuan orang, maka sebagai timbal baliknya, anda akan menjadi jutawan. Jika anda membangun bisnis yang melayani jutaan orang, anda akan menjadi miliarder"
- Jim Rohn selaku mentor penasehat Anthony Robbins " Biasakan untuk berbagi dan biasakanlah berbagi dalam jumlah yang lebih. Itu bukan saja baik untuk orang lain, tetapi juga baik bagi diri kita sendiri"

Dalam Qs. Al-Baqarah ayat 261: Perumpamaan orang - orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah (sedekah) adalah serupa dengan sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada tiap-tiap tangkai itu berisi seratus biji. Dan Allah melipatgandakan (balasan) bagi sesiapa yang dikehendaki-Nya.

Pengakuan dan pengalaman diatas, menunjukkan bekerjanya hukum timbal balik dimuka bumi ini dan diperkuat dengan firman Allah diatas. Namun demikian sebagai hamba Allah yang hanya melakukan perintah Allah tentunya kita melaksanakan sedekah dan memberi itu tidak hanya sekedar untuk mendapatkan rejeki. Sedekah dan memberi merupakan bagian dari perintah Allah agar kita selalu dekat dengan Allah yang telah memberikan rejeki setiap saat ketika kita bisa menghirup udara di pagi hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar