Rabu, 12 Mei 2010

LANDASAN

Islam adalah agama rahmat bagi seluruh alam. Dalam islam terdapat aturan aturan yang dibingkai agar manusia beriorientasi kepada rahmat bagi seluruh alam tidak hanya kehidupan manusia. Dalam Al Quran, Allah berfirman : Tidaklah kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam (Qs. Al-Anbiya [21]:107)

Anak yatim merupakan bagian kehiduan yang harus kita rahmati. Rahmat bagi mereka adalah dalam bentuk kepedulian nyata, antara lain : Mengasuh mereka dalam keluarga, aktif mengelola panti asuhan antara lain menjadi pengurus, donatur, pengasuh, guru, psikolog dll.

Kepedulian nyata terhadap anak anak yatim akan dapat menentukan kualitas sumber daya manusia umat islam, karena anak yatim merupakan bagian dari umat islam yang keberadaannya sangat menentukan masa depan umat islam dan bangsa Indonesia.

Disamping demi kemajuan agama dan bangsa, kepedulian nyata kepada anak yatim akan mendatangkan hikmah bagi kehidupan dunia maupun akhirat. Beberapa hikmah yang diperoleh karena peduli dengan anak yatim sebagai berikut : (M. Khalilurahman Al Mahfani dalam buku “ Dahsyatnya Doa Anak Yatim)

1. Meraih peluang menjadi teman Rasulullah SAW di Surga.
2. Pengsuh anak yatim dijamin masuk surga.
3. Menggapai predikat Abror (shaleh dan taat kepada Allah)
4. Melembutkan hati dan perasaan
5. Memperoleh pertolongan dari Allah
6. Menghindarkan diri dari siksa akhirat
7. Investasi amal untuk akhirat
8. Menggapai keberuntungan dan menjadi yang terbaik.
9. Melancarkan dan mempermudah terpenuhinya keinginan dan hajat
10. Memperoleh berkah dan doa anak yatim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar